Tikam Samurai - 436

Penjelasan itu di berikan Fabian ketika mereka mendiskusikan berita-berita tentang Indonesia yang dimuat oleh koran-koran asing. Edisi itu memuat tulisan khusus tentang gerakan Klu Klux Klan. Ditulis oleh Wayne King. Koran yang bermarkas di San Fransisco itu menulis :
Lahirnya Klu Klux Klan di mulai dari pertemanan veteran perang saudara..Mereka yang berenam berasal dari pasukan selatan yang di kalahkan pasukan utara dalam perang anti-perbudakan di zaman Abraham Lincoln.Nampaknya mereka yang tampak lahirnya saja menerima kalah,namun dalam diri mereka masih berkobar semangat anti-kulit hitam yang amat menyala-nyala.Pertemuan itu di lakukan di sebuah kantor pengacara Pulaski ,Tennessee, sehari menjelang natal tahun 1865.
Mereka bersepakat untuk mendirikan sebuah organisasi anti kulit hitam yang bernama Klu Klux Klan.Nama itu di ilhami dari bahasa Yunani Kuklos,yang artinya lebih kurang kelompok.Kuklos adalah untuk kata Klu Klux,masih agak kurang serasi kalau hanya terdiri dari dua suku kata,mereka mencari satu kata lagi yang akan ditambahkan.Rapat hari itu tidak berhasil memutuskannya.Baru lah sebulan kemudian mereka mendapatkannya.
Salah satu dari perwira yang berenam itu secara tidak sengaja meneliti asal usul orang-orang yang mendirikan kan kelompok itu,ternyata keenam mereka berasal dari Scotlandia,eropa barat.Maka dari negeri asal mereka itu diamabil kata Klan,yang artinya kurang lebih sama dari Kuklos itu.Maka arti klu Klux Klan itu adalah kelompok-kelompok,yang sebenarnya ditafsirkan sebagai kelompok semu atau kelompok bayangan.
Mereka juga memberi nama gerakan mereka dengan Kerajaan Bayangan Para Kesatria Klu Klux Klan. laambang yang mereka pakai untuk organisasi mereka adalah gambar salib yang dijilat api menyala dengan bercak-bercak merah berwarna darah! mereka menetapkan Hierarki kekuasaan dalam organisasi itu.menyebut secara rahasia nama hari dan bulan.Pemimpin besar klan yang pertama adalah Jendral(yang kalah perang)Nathan bedford Forrest.
Mereka mulai menghimpun senjata yang banyak di sembunyikan waktu perang saudara berakhir.Namun saat itu senjata itu sudah dianggap keinggalan Zaman.Lalu mereka menggalang dana secara terang-terangan berkampanye mencari anggota.Rasa permusuhan terhadap kaum kulit hitam saat awal kekalahan perang saudara itu masih sangat membara.Dan rasa pahit dikalah kan utara seperti luka yang masih menganga lebar.
Maka tak heran,hanya dalam waktu empat tahun saja,klu klux klan telah menghimpun anggota tak kurang dari empat juta orang!dari anggota yang umumnya orang kaya dan tuan tanah di selatan,yang memang membutuhkan budak-budak negro untuk bekerrja di perkebunan mereka,klu klux klan mendapatkan dana yang tidak sedikit,dari dana yang mereka peroleh itu,mereka belikan senjata modern dan mendirikan markas besar di hutan atau di pegunungan,bahkan membelikan pesawat terbang!
saat itu mesin rasialisme yang berbentuk Iblis,benar-benar telah lahir di amerika,Dan mesin iblis ini kelak akan terus hidup dan melindas amerika dalam bentuk teror berdarah terhadap warga kulit hitam.
Demikian ditulis oleh Wayne King dalam The New york Times.Si Bungsu mendapat gambaran tentang organisasi yang disebutkan wayne King, sebagai ‘mesin Iblis’ itu. Mesin Iblis! orang-orang itu membunuh tanpa perasaan sama sekali. Mereka bergerak secara mekanis dan berdarah dingin.! Besoknya dia datang lagi ke perpustakaan itu dan membaca buku lainnya yang memuat orang-orang dan pimpinan organisasi tersebut. Dalam sebuah buku yang berjudul ’Niger’ di tulis oleh A.B.R.Rosevelt, diungkap kan bahwa :
Sekitar tahun 1875 atau dibawah tahun itu,organisasi teror ini membubarkan diri.Namun tahun 1915 Klu Klux Klan muncul kembali. kali ini muncul secara mencolok di stone Mountain, Georgia. Waktu itu ada imigrasi besar-besaran penduduk yahudi, katolik dan sosialis dari eropa timur dan eropa selatan ke amerika serikat. Namun kemunculan awal tahun 1900-an itu tersendat-sendat karena depresi yang melanda amerika.Tahun 1961, klan membuat perserikatan klan amerika, sebagai pimpinan tertinggi terpilih seorang buruh pabrik karet dengan wajah mirip burung elang bernama Robert M.Shelton. Begitu terpilih segera dia merekrut pasukan keamanan dan ribuan pengikut di alabama.
Dan awal 1961-an ini,kaum kulit putih merasa ditampar oleh kemenangan kulit hitam dilapangan hak-hak sipil yang disahkan senat, maka berbondong-bondonglah kaum rasialis kulit putih memasuki klu klux klan,menjadi pengikut shelton. Mereka,karena bencinya pada kaum kulit hitam, menyumbangkan pada shelton mulai dari uang, senjata, mobil dan.. pesawat terbang! Dan pimpinan Klu klux klan ini tak membuang waktu. Dia memulai aksi terornya. Mula-mula di california ,seorang pejuang hak-hak sipil orang negro di berondong peluru ketika berada di mobilnya. Lalu di Dallas dua orang pejabat berkulit hitam di tebas batang lehernya. Bahkan di Birmingham, mereka membom gereja karena pendetanya mengutuk penindasan terhadap kaum kulit hitam. Dan sampai kini aksi organisasi masih berjalan terus. Melanda kota-kota besar amerika terutama kota-kota bahagian selatan.Yang dulu memang dikenal mendukung perbudakan!



@



Tikam Samurai - 436