Tikam Samurai - 418

Kennedy menelan ludah yang tiba-tiba serasa menyumbat tenggorokannya. Demikian pula Direktur CIA yang ada di tower Bandara Mexico. Apa yang akan dijawab orang di pesawat itu?
‘’Sekali lagi, Nona, saya tak tahu siapa Anda. Saya tak tahu maksud Anda, dan saya tak tahu latar belakang politik Anda..’’ pilot itu menjawab dalam bahasa Cuba.
Pramugari yang memimpin pembajakan itu jadi kesal. Dengan menahan marah, dia coba juga menjelaskan situasi saat itu. Bahwa mereka tengah membajak sebuah pesawat JAL yang berisi Menteri Muda bidang Pertahanan Amerika untuk membebaskan si perwira, berikut teman-temannya di Alcatras!
Dijelaskan pula, bahwa waktu tersedia satu setengah jam lagi untuk saling tukar menukar tawanan. Dijelaskannya bahwa di pesawat JAL itu ada tujuh anggotanya, dan kini berada di lapangan udara Mexico.
‘’Nah, Kamerad, jelaskan identitasmu..’’ perintah gadis itu.
Namun dari pesawat kembali terdengar jawaban yang menjengkelkan:
‘’Saya berpangkat kolonel. Dan saya tak suka diperintah oleh perempuan ingusan seperti Kau, Nona! Jangan panggil saya kamerad, saya tak tahu bagaimana kesetiaanmu pada partai, pada Komunis!’’
Gadis itu terdengar memaki dan menyumpah.
‘’Kamerad, saya tak peduli pangkatmu kolonel atau jenderal sekalipun. Nyawamu berada di tangan kami. Soalnya engkau ingin bebas atau tidak. Jika kau tak mau menuruti instruksi saya, kau boleh kembali ke Alcatras atau ke neraka sekalipun. Nah, kini jangan banyak cincong, kau turuti apa yang kukatakan. Jawab apa yang kutanya. Atau kami memutuskan hubungan denganmu! Mulailah dengan menjelaskan asal pasukan dan nomor registermu!’’
Sepi.
Kennedy saling pandang dengan para menterinya. Menteri Luar Negeri Amerika yang ada di Mexico bertukar pandang dengan Direktur CIA.
‘’Baiklah kalau itu yang kau kehendaki Nona. Hanya harap ingat, jika nanti saya bertemu denganmu, maka kau akan saya tuntut. Kau menghina seorang kolonel lapangan! Kau dengar atau kau catat baik-baik, agar otak udangmu itu tidak lupa. Nama saya Yoseph Maxmillan. Saya ulangi Yoseph Maxmillan. Pakai PH di akhir Yoseph, bukan pakai F sebagaimana kebanyakan orang Cuba yang kebarat-baratan. Kesatuan saya adalah pasukan keempat dari Batalyon Amphibi di Pulau Samun. Tujuh derajat lintas utara Havana. Register saya, jika yang kau maksud nomor partai saya, maka jangan kaget kalau nomor saya adalah C82, artinya pimpinanmu sendiripun belum tentu punya jabatan dan kode setinggi itu dalam partai komunis’’.
Sepi sesaat.Kemudian”orang Cuba”itu berkata lagi.
“Dan jika engkau bertemu dengan pimpinanmu,Nona.Sampaikan ucapakan ku ini:Pisang merah ternyata terlalu kuning ditimpa panas!Nah,saya tak suka mendengar segala omong kosongmu lagi!”lalu sepi.yang bicara justru kennedy.
“Ya Tuhan,apakah benar yang dipesawat Maxmillan ada perwira Cuba sebagaimana yang kita dengar?”pertanyaan ini secara langsung ditujukan kepada Wakil Kepala CIA dan Direktur FBI yang ada dalam ruangan oval Gedung Putih itu.Kedua orang ini seperti berlomba untuk mendapatkan informasi tentang orang yang bernama Yoseph Maxmillan yang berpangkat kolonel dalam pasukan Amfibi Cuba itu.”Yoseph Maxmillan memang pernah ada..”jawab direktur FBI mendahului Wakil CIA itu.
“Dia adalah Komandan Pasukan Amphibi di Pulau Samun sepuluh tahun lalu.Kemudian namanya lenyap tiba-tiba,ada yang bilang dia mati bersama tank amphibinya yang tenggelam dalam latihan perang di Teluk Babi,ada juga yang bilang dia sengaja dilenyapkan,untuk dialih tugaskan ke Eropa untuk menjadi mata-mata Komunis,kemudian pindah lagi kekota lain.Ne York,Dallas,Washington,atau siapa tahu di California dengan wajah yang sudah di operasi…”
Kennedy mengangguk-angguk, namun wakil direktur CIA yang ada di sisi lain menyambut cepat:
‘’Menurut penelitian kami, Yoseph Maxmillan tak pernah ditugaskan di Eropa. Namanya memang ada dalam pasukan amphibi. Namun pangkat terakhir bukan kolonel. Melainkan mayor. Dia diselundupkan ke dalam organisasi buruh alat-alat berat dari pabrik caterpilar.
Di sana tempat yang cocok baginya. Sebab dia mengetahui tentang alat-alat berat sejenis tank atau traktor. Dia diduga ditangkap di New Jersey secara tak sengaja oleh polisi, tatkala buruh pabrik yang sejak semula diduga diselusupi komunis itu mengadakan aksi menolak nuklir empat tahun yang lalu..’’
Kennedy kembali mendehem.
Tapi apakah benar informasi tentang Yoseph Maxmillan seperti yang dilaporkan oleh kedua pimpinan dinas rahasia Amerika itu? Mereka memang bertindak cepat. Berhasil mengumpulkan informasi demikian cepat, padahal Maxmillan baru saja habis bercerita di radio. Siapakah sebenarnya Yoseph Maxmillan sebagaimana yang dikatakan oleh pilot itu?
Dia memang tak berbohong tentang Yoseph Maxmillan. Nama itu memang pernah ada di pulau Samun. Pasukan seperti yang disebutkannya juga benar ada. Pangkat orang yang bernama Yoseph Maxmillan itu terakhir adalah Kapten.



@



Tikam Samurai - 418